by

Tips Mendeteksi dan Mencegah Pipa yang Bocor!

Masalah yang sering ditemui pada pipa air adalah kebocoran, apapun merek pipanya. Merek-merek pipa air ternama di Indonesia seperti Rucika, Wavin, Vinilon, dan merek lainnya tidak menjamin aman dari yang namanya kebocoran. Penyebabnya, bisa beragam seperti salah dalam mengaplikasikan lem pada pipa, terbentur benda keras, pipa sudah tua, hingga terjadi bencana alam. Jika sudah begini, tentu akan sangat merepotkan sekali ketika harus melakukan penggantian pipa.

Untuk itu, agar kebocoran ini bisa dicegah dengan cepat, maka sangat Anda disarankan untuk memiliki alat pendeteksi pipa, yang mana harga alat pendeteksi kebocoran pipa air ini relatif murah sehingga tidak akan memberatkan Anda.

Dikutip dari situs Rucika.co.id, perlu juga setiap pemilik rumah atau bangunan apupun untuk mengetahui beberapa cara mencegah dan mendeteksi pipa air bocor dengan melakukan beberapa hal ini, di antaranya:

  1. Matikan peralatan rumah tangga. Pertama, matikan terlebih dahulu seluruh peralatan rumah tangga yang menggunakan air. Tujuannya, agar air bisa berhenti mengalir lalu tutup katup air yang terhubung langsung ke saluran pipa.
  2. Identifikasi sumber yang bocor. Setelah itu, identifikasi sumber air yang mengalami kebocoran dengan melihat rembesan air yang keluar. Tandai area-area yang sekiranya ada rembesan air agar semakin mempermudah Anda dalam mendeteksi kebocoran yang terjadi.
  3. Bongkar dinding menggunakan palu maupun bor. Jika pipa saluran air Anda dimasukkan ke dalam dinding, maka bongkar dinding dengan palu atau bor agar bisa menjangkau pipa yang mengalami kebocoran tersebut. Ketika melakukan ini, sebaiknya berhati-hati agar tidak semakin memperparah kondisi kebocoran. Apabila mengalami kesulitan, maka ada baiknya minta bantuan ahli.
  4. Perhatikan kondisi pipa tersebut. Perhatikanlah dengan seksama kondisi pipa yang mengalami kebocoran. Cari tahu, apakah pipa perlu diganti dengan yang baru atau cukup menambalnya dengan lem. Saran, jika lubang yang bocor cukup besar, maka sebaiknya potong pita tersebut dan sambunkan pipa baru menggunakan fitting

Mudah kan mendeteksi pipa air yang bocor? Untuk lebih memudahkan pendeteksian, ada baiknya gunakan alat pendeteksi pipa yang dijual di pasaran. Namun, ketika membelinya, baiknya belilah di toko yang terpercaya, menggunakan material yang aman digunakan, mampu mendeteksi pipa yang berada di dalam dinding bangunan, dan sebagainya.

Dengan begini, tentu akan semakin memudahkan Anda dalam mendeteksi pipa yang mengalami kebocoran. Semoga membantu dan semoga artikelnya bermanfaat, ya!

News Feed