by

Tips dan Fakta Lengkap Kehamilan dari 1 Bulan Hingga 9 Bulan

Hamil adalah sebuah hal yang didambakan setiap keluarga. Kehamilan adalah kunci dari sebuah harapan mendapatkan keturunan yang baik dan mewarisi kehidupan keluarga besar.

Kehamilan adalah masa dimana seorang wanita membawa fetus atau embrio dalam tubuhnya sejak hamil muda. Dalam kasus kehamilan kembar, berarti dlam kehamilan tersebut telah terjadi banyak gestasi.

Tips Hamil Sehat, dari Hamil Muda Hingga Hamil Tua

Fakta Lengkap Kehamilan

Hamil sehat adalah sesuatu yang penjadi prioritas bagi calon orang tua. Dari mulai Hamil 1 Bulan hingga Hamil 9 bulan, segala nutrisi dan asupan calon Bunda wajib diperhatikan.

Menjadi sorang suami siaga juga sangat disarankan untuk calon ayah. Agar kehamilan calon bunda menjadi hamil sehat dan terhindar dari segala kemungkinan yang tidak diinginkan.

Berikut adalah tips, fakta, dan rekomendasi nutrisi Ibu hamil. Mulai dari hamil 1 minggu hingga menjelang melahirkan:

  1. Hamil 1 bulan

Untuk kisaran hamil 1 minggu hingga hamil 5 minggu, Ibu hamil mungkin masih merasakan mula bahkan hingga mencapai 3 bulan kehamilan. Jangan menjadi paranoid dan pantang menyerah, tetap utamakan mengatur gizi makanan sehari-hari. Prioritas makanan yang baik untuk Ibu hamil 1 bulan sangat vital dan penting. Karena janin baru berkembang dan tumbuh, serat membutuhkan berbagai vitamin dan mineral, untuk pembentukan tumbuh kembang janin.

Mitos mengatakan bahwa Ibu hamil harus makan dua kali lipat karena berbadan dua. Sebenarnya tidak salah, namun yang tepat adalah makanlah 2 kali lebih bergizi. Bukan 2 kali lebih banyak. Makanlah yang banyak mengandung minimal 400 Folic Acid. Zat ini membantu mempersiapkan Rahim sejak dini sejak masa hamil 1 bulan. Juga mencegah resiko tulang belakang tidak tertutup sempurna. Folic acid, selain terdapat multivitamin hamil sehat, juga terdapat dapa brokolo, kembang kol dan kol, wortel, jagung, kacang kedelai, jeruk, jambu klutuk, sereal jagung/gandum dan alpukat.

  1. Hamil 2 bulan

Hamil 8 minggu- Menggapai hamil sehat di usia kandungan 2 bulan. Dimana banyak wanita tidak menyadari bahwa mereka telah hamil. Masa ini adalah waktunya mencukupi nutrisi agar bayi berkembang secara sehat dan normal.

Morning Sicknees, atau kehilangan nafsu makan lumrah terjadi pada masa hamil 2 bulan ini. Namun, Anda harus tetap makan dengan benar. Karena tabung saraf bayi muli membentuk dan berkembang menjadi otak.

Nutrisi yang harus Anda cukupi saat hamil 2 bulan, antara lain:

  • Asam folat, terdapat pada bayam, sereal, dan kacang-kacangan. Asam folat sangat berguna salah satunya mencegah kelahiran premature.
  • Zat besi, kosultasikan konsumsi zat besi Anda dengan Dokter/Bidan Anda. Cukupi nutrisi zat besi agar Anda terhindar dari Anemia dan merasa lelah sepanjang waktu.
  • Kalsium, berfungsi untuk menutrisi tulang bayi anda yang mulai mengeras. Mengkonsumsi produk nutrisi susu Ibu hamil Sehat serta sayuran berdaun hijau.
  • Protein, nutrisi ekstra yang harus Anda konsumsi. Protein memastikan suplai darah yang sangat tapat untuk bayi. Dan juga memfasilitasi perkembangan otot normal pada bayi.
  • Konsultasikan seluruh minimal asupan nutrisi diatas dengan Bidan/Dokter Anda. Tentunya setiap orang memiliki takarannya masing-masing.
  1. Hamil 3 bulan

Hamil 12 minggu – Hamil sehat pada masa 3 bulan. Janin sudah bisa merespon Ibunya. Banyk terjadi perubahan signifikan pada Ibu dan Janin. Besar janin kira-kira sebesar buah plum. Asupan nutrisi hamil 3 bulan kurang lebih sama dengan sebelumnya.

Yang perlu digaris bawahi adalah, libido dan hasrat seksual Anda akan meningkat. Walaupun masa hamil 3 bulan masi aman dari keguguran, namun Anda harus tetap membatasi hubungan intim. Apalagi untuk Anda yang mimiliki riwayat keguguran.

Hubungan intim yang tidak dibatasi saat masa kehamilan memicu kontraksi, bila timbul flek bercak darah saat berhubungan. Meskipun dikategorikan hamil normal, hindarilah dahulu jika bercak darah terjadi. Dan konsultasikan segera ke Dokter/Bidan Anda.

  1. Hamil 4 bulan

Hamil 18 minggu – Di usia kandungan hamil 4 bulan, suatu hal yang wajar jika Ibu kekinian mulai mengecek tumbuh kembang janin lewat USG 4D. Hal yang mengasyikan untuk mengupload hasil USG ke medsos dan merayakannya bersama rekan-rekan.

Hamil normal di usia ini, bentuk wajah janin akan makin jelas terlihat begitu juga pergerakannya. Di masa ini, baju yang biasa Anda pakai akan terasa sesak dan ketat. Maka mulailah memakai baju untuk usia hamil 4 bulan.

Sebagian area perut Anda akan berkembang (hiperpigmentasi), begitu juga dengan Rahim. Sehingga akan terdapat garis hitam pada bagian perut. Jika rambut Anda rontok, jangan kaget karena itu normal terjadi. Dan akan mereda seperti semula dan kembali tebal.

Anda akan mengalami kurang tidur, kelelahan dan sakit kepala. Hal ini juga normal terjadi pada keadaan hamil sehat. Namun jika berkepanjangan, segera cek dan kosultasikan. Anda akan mulai merasa alergi terhadap obat hamil, Dokter/Bidan seyogyanya akan memberikan obat yang sesuai dengan kondisi alergi Anda.

  1. Hamil 5 bulan

Hamil 21 minggu – Bentuk bayi pada masa hamil sehat usia kandungan hamil 5 bulan mulai membentuk bayi Anda seperti bayi yang baru lahir, namun masih tampak kurus dan belum membentuk lemak tubuh.

Berat bayi akan bertambah setiap hari, namun kulitnya masih keriput dan membutuhkan kenaikan berat lebih banyak lagi. pigmen yang belum sempurna pada mata, namun sudah membentuk bola mata dan bibirnyapun sudah jelas.

Di masa ini, Anda akan mengalami kesemutan dan bebal pada jari tangan dan pergelangan tangan karena faktor carpal tunnel. Konsultasikan dengan Dokter/bidan Anda untuk rencana mengkonsumsi asupan vitamin B6.

  1. Hamil 6 bulan

Hamil 24 minggu – Konsultasikan dan cek bayi Anda dengan USG, agar Dokter dapat memeriksa posisi plasenta agar ttidak terjadi plasenta pervia. Yakni dapat menimbulkan resiko pendarahan baik bagi Anda juga bayi Anda.

Periksakan juga hemoglobin dan hematocrit. Yakni pemeriksaan darah agar mengetahui kondisi Anemia Anda. Serangkaian tes seperti skrining antibody Rh, diabetes, IMS (Infeksi Menular Seks) jika Anda memiliki faktor risiko tinggi.

Cek selalu asupan gizi dan perubahan tingkat emosi Anda. Akan banyak sekali keluhan dengan faktor psikis dan tingakt stress Anda. Minum air mineral yang banyak untuk menghidari dehidrasi dan kekurangan cairan. Pada masa hamil 6 bulan ini, intinya adalah BERHENTILAH BERAKTIFITAS SEBELUM LELAH.

  1. Hamil 7 bulan

Hamil 28 minggu – Janin di masa hamil 7 bulan sudah mendekati perkembangan sempurna. Janin akan terasa sangat aktif. Pergerakan aktif dari Janin di masa ini menjadi pertanda apakah bayi Anda sehat atau tidak. Konsumsi protein, kalsium, asam folat, zat besi dan vitamin mencapai titik puncak yang harus Anda cukupi.

Anda akan mengalami sulit bernafas/sesak karena kondisi Rahim yang meningkat dan bertambahnya bobot bayi. Namun hal ini akan segera mereda saat bayi telah siap lahir. Kram kaki di malam hari, sulit tidur, sering lelah, Insomnia, akan menjadi pengganggu setia dan harus bisa Anda atasi. Konsultasikan selalu secara rutin, cerita dan keluh kesah hamil Anda dengan Dokter/Bidan. Agar selalu terupayakan masa hamil gede yang sehat, aman dan nyaman.

  1. Hamil 8 bulan

Hamil 32 minggu – Di masa ini, Anda sudah harus menentukan persiapan dimana tempat melahirkan, metode yang dakan dijalani, dan bersiap dengan kondisi kelahiran lewat operasi. Jangan hanya menyiapkan perlengkapan Bayi, utamakanlah persiapan melatih pernafasan Anda dan melakukan persiapan menyusui mulai dari masa hamil 8 bulan.

Ikutilah senam Ibu hamil gede secara rutin, langkah-langkah melatih pernafasan akan sangat berguna bagi masa melahirkan Anda nanti. Berat badan Anda tentunya akan bertambah, sakit punggung dan cepat lelah akan sering terjadi. Rahim Anda akan terus mengencang dari masa ke masa pra melahirkan. Hal ini umu terjadi dalam kondisi hamil normal.

Jika mengencangnya Rahim/kontraksi yang terjadi dengan disertai rasa sakit dan sering terjadi, segera hubungi Dokter/Bidan Anda. Atau pergilah langsung ke RS terdekat. Rahim yang terus menekan kandung kemih membuat Anda selalu ingin buang air kecil. Namun jangan malah mengurangi konsumsi air mineral, karena dapat memicu terjadinya dehidrasi. Yang perlu Anda hindari adalah kopi dan teh yang berlebihan.

Periksakan dan antisipasi beberapa hal ini:

  • Pendarahan dari Vagina
  • Preeklampsia
  • Tekanan darah tinggi
  • Gatal-gatal parah
  • Kontraksi palsu yang menyakitkan
  • Pecah ketuban sebelum waktunya
  1. Hamil 9 bulan

Hamil 36 minggu – Pada masa pucak kehamilan hamil 9 bulan, yang Anda rasakan pasti sangat berat dan melelahkan. JIka hamil Anda adalah yang pertama, maka kepala bayi sudah bergerak turun ke area panggul. Anda juga akan merasakan berbagai hal sebagai berikut:

  • Heartburn, sebenarnya jarang terjadi. Kondisi dimana Rahim tidak lagi terlalu menekan perut dan difagrama
  • Gangguan pada perut dan sesak nafas pendek, jarang terjadi namun perlu diantisipasi
  • Nyeri di panggul dan terasa berat di perut bagian bawah
  • Kontraksi menjadi lebihj sering daripada sebelumnya

Kerjasama dengan suami tercinta sangat dibutuhkan, dan beberapa tips lainnya sebagai berikut:

  • Kegiatan sehari-hari Ibu hamil 9 bulan wajib diperhatikan dan dibatasi
  • Suami dalam kondisi siaga dan berperan dalam kerja rumah tangga
  • Makanlah sedikit-sedikit, namun sering
  • Amati perkembangan bayi
  • Selalu berfikir dan didoktrin positif
  • STOP menonton video kelahiran
  • BERSIAP LAHIR DAN BATIN untuk menjadi Ibu hebat dan Bayi sehat

“kegembiraan seorang Ibu, berawal dari tumbuhnya kehidupan baru yang sedang dimulai dalam Rahim. Ketika detak jantung buah hati terasa berdetak dalam rongga perut. Dan tendangan-tendangan kaki mungil selalu menemani sang Ibu, menuju kebaahagiaan tiada tara”

Demikian, semoga bermanfaat dan dapatkan Buku Tips Hamil Disini.

Comment

News Feed