by

Tempat Liburan di Jakarta yang Perlu Kamu Kunjungi

-Traveling-114 views

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara dan kota terbesar yang berada di negara Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota yang ada di Indonesia yang memiliki status yang setingkat dengan sebuah provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut pantai utara Pulau Jawa. Jakarta dahulu pernah dikenal dengan beberapa sebutan nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan J-Town, atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Jakarta memiliki luas wilayah sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan total jumlah penduduk sebanyak 10.374.235 jiwa (2017). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.

Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta memiliki dengan dua bandar udara, yakni Bandar udara Soekarno–Hatta dan Bandar udara Halim Perdanakusuma, serta tiga pelabuhan laut di Tanjung Priok, Sunda Kelapa, dan Ancol. Jika kamu berasal dari Pekanbaru, bisa pesan Tiket Pesawat Pekanbaru Jakarta di Blibli secara online mudah dan praktis.

Tempat Liburan di Jakarta:

  1. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau lebi dikenal dengan Tugu Monas merupakan sebuah bangunan yang menjulang tinggi dengan tinggi sekitar 32 meter. Monumen ini menjadi sebuah simbol kemerdekaan Republik Indonesia yang kemudian menjadi ikon kota Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Harga tiket masuk yang dikenakan cukup terjangkau yakni Rp. 5.000 untuk dewasa, Rp. 3.000 untuk mahasiswa, dan Rp. 2.000 untuk anak-anak.

Sementara jika ingin menggunakan lift untuk sampai ke puncak akan dikenakan biaya tambahan dimana Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5000 untuk anak-anak dan mahasiswa.

  1. Taman Mini Indonesia Indah

Objek wisata yang berada di Jakarta yang paling pas untuk dijadikan sebagai wahana rekreasi dan edukasi untuk keluarga Anda adalah Taman Mini Indonesia Indah atau TMII.

Tempat wisata terbaik ini cocok banget bagi semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa semua bisa berkunjung. Disini Anda bisa melihat rumah-rumah adat dari Sabang hingga Merauke. Tidak salah memang, jika TMMI ini sering disebut sebagai miniaturnya Indonesia.

Tempat wisata dengan luas sekitar 150 hektare ini berlokasi di Jakarta Timur dan beroperasi mulai hari Senin hingga Minggu. Dengan harga tiket berbeda-beda tiap wahananya.

  1. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau Dufan merupakan salah satu tempat hiburan di kawasan Taman Impian jaya Ancol, Jakarta Utara. Wahana yang tersedia di dalam Dufan cukup bermacam-macam dan untuk penamaan setiap wahananya pun disesuaikan dengan tema dari tempat tertentu.

Harga tiket yang ditawarkan cukup beragam. Untuk harga tiket reguler adalah Rp. 190.000 untuk hari biasa dan Rp. 270.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

Untuk tiket premium dibandrol dengan harga Rp. 350.000 untuk hari biasa dan Rp. 450.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

Sementara untuk perpanjangan tiket annual pass adalah Rp. 350.000 baik untuk hari biasa maupun akhir pekan.

  1. Kebun Binatang Ragunan

Di kebun binatang ini terdapat sekitar 270 spesies binatang dan sekitar 171 spesies bunga dan tanaman. Kebun binatang pertama yang ada di Indonesia ini mempunyai luas sekitar 140 hektare dan mulai dibangun pada tahun 1864.

Dewasa akan dikenai tarif Rp. 4.000/orang dan Rp. 3.000 untuk anak-anak. Harga tiket masuk tersebut belum termasuk harga untuk wahana tertentu seperti menaiki kuda tunggang, kereta keliling, unta tunggang, dan lainnya.

  1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan salah satu tempat untuk liburan Anda dan keluarga Anda yang ada di Jakarta yang bernuansa bahari. Sesua dengan namanya, Kepulauan Seribu terdiri dari beberapa pulau indah dan memukau setiap pengunjungnya.

Untuk menuju Kepulauan Seribu, Anda harus menyebrang dari Muara Angke dengan menggunakan kapal laut seperti KM Kerapu. Jam operasional untuk membeli tiket kapal adalah dari pukul 06.30 sampai 7.30 WIB.

Sementara jam keberangkatan kapal dari Muara angke adalah jam 08.00 sementara kerangkatan dar pulau adalah pukul 13.00. Terdapat banyak rute atau pilihan lintasan yang ditawarkan dan tarif yang dipatok juga bervariasi mulai dari Rp. 42.000 sampa Rp. 72.000.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Jakarta yang wajib anda kunjungi.

Comment

News Feed