by

Perawatan Mudah untuk Truk Tanpa Perlu ke Dealer

-Otomatif-273 views

Mitsubishi fighter terbaru merupakan generasi baru penerus truk medium Mitsubishi sebelumnya yang bernama  Fuso.  Perbedaan antara Mitsubishi Fuso dan Mitsubishi Fighter adalah mesin yang digunakan. Mesin pada Mitsubishi Fuso menggunakan mesin diesel konvensional. Sedangkan pada Mitsubishi Fighter, telah mengaplikasikan teknologi common rail dengan standar Euro 3. Selain itu, keunggulan utama Mitsubishi yang belum digagas produsen lain adalah fitur aplikasi Runner. Aplikasi ini pertama kali dipopulerkan di Indonesia. Runner berfungsi sebagai detektor lokasi yang dapat membaca pergerakan truk yang sedang dikemudikan oleh supir truk. Aplikasi ini berguna untuk penilaian kinerja supir truk, karena mulai dari pengaturan pendistribusian, jarak yang ditempuh, gaya mengemudi, jadwal perawatan berkala, hingga konsumsi bahan bakar dapat dipantau melalui Runner.

Demi menunjang performa, truk-truk harus dipantau dalam perawatan suku cadang dan mesin. Terlebih lagi, Truk Fighter menggunakan mesin diesel yang memungkinkan harga perawatan lebih mahal dibanding dengan mobil bensin.  Mesin diesel yang dulunya dikenal memiliki suara yang kasar, saat ini telah beranjak menuju mesin dengan suara yang alus serta efisien dalam sistem bahan bakar.

Perawatan sederhana yang bisa dilakukan sendiri adalah pemanasan mesin sebelum truk dijalankan. Tidak perlu lama, sekitar 10 menit sudah cukup, bila terlalu lama juga dapat membahayakan kesehatan akibat pembuangan gas dari knalpot. Pemanasan ini bertujuan untuk memberikan pelumasan pada seluruh bagian mesin truk. Hal ini dapat mengantisipasi mesin yang kaget pada komponen mesin lain yang bergesekan di dalamnya.

Perawatan selanjutnya adalah memerhatikan pemakaian filter dan tangki solar. Akan lebih baik jika memberikan kualitas solar yang baik pada truk walaupun harga sedikit tidak ramah di kantong. Sebaiknya gunakan solar yang memiliki kandungan sulfur rendah karena akan berpengaruh terhadap tarikan mesin yang lebih enteng dan suara mesin yang lebih halus. Asap yang dikeluarkan dari knalpot juga akan bersih.

Bila tidak bisa melakukan perawatan mesin sendiri dikarenakan tidak ada waktu luang, sebaiknya kunjungi dealer truk fuso resmi terdekat untuk perawatan secara berkala.

Comment

News Feed