4 Jenis Makanan yang Harus Dipantang Setelah Melakukan Operasi Usus Buntu Menurut SehatQ

  • Whatsapp
4 Jenis Makanan yang Harus Dipantang Setelah Melakukan Operasi Usus Buntu Menurut SehatQ

Penyakit usus buntu adalah sebuah penyakit yang dimana terjadi peradangan pada apendiks atau usus buntu. Usus buntu sendiri adalah sebuah organ dengan ukuran 5 hingga 10 cm berbentuk kantong kecil dan tipis. Jika usus buntu ini mengalami masalah maka harus dilakukan prosedur operasi usus buntu dan penanganan melalui tindakan medis lainnya.

Radang usus buntu akan membuat penderitanya mengalami nyeri di perut bawah bagian kanan dan jika dibiarkan akan menyebabkan usus buntu pecah. Gejala dari usus buntu ini sangat beragama dan harus Anda ketahui sejak dini agar bisa melakukan pengobatan agar tidak memperburuk keadaan usus.

Dengan demikian, Anda harus mengetahui apa saja gejala saat mengalami penyakit usus buntu seperti berikut ini:

  • Perut kembung
  • Mual
  • Demam
  • Kehilangan nafsu makan
  • Tidak bisa kentut
  • Diare

Beberapa gejala usus buntu tersebut dapat Anda hindari dengan menjauhi penyebab usus buntu. Penyebab dari masalah kesehatan yang satu ini tentunya harus Anda ketahui agar dapat dihindari di kehidupan sehari-hari. Lalu, apa saja penyebab radang usus buntu ini?

  • Memiliki penyakit infeksi cacing atau cacingan
  • Cedera perut
  • Pembengkakan jaringan dinding usus buntu yang disebabkan karena infeksi saluran pencernaan
  • Hambatan di pintu rongga usus buntu
  • Adanya pertumbuhan parasit yang menyumbat rongga usus buntu
  • Adanya tumor

Jika Anda mempunyai salah satu penyebab yang membuat infeksi pada usu buntu, maka tidak ada jalan lain selain melakukan operasi usus buntu. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini umum terjadi dan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi.

Setelah melakukan operasi usus buntu, ada beberapa makanan yang harus Anda pantang. Makanan yang tidak boleh Anda makan di bawah ini rekomendasikan oleh SehatQ sebagai salah satu platform kesehatan terbaik di Indonesia. Mari simak ulasannya berikut ini.

4 Jenis Makanan yang Harus Dipantang Setelah Operasi Usus Buntu

Biaya operasi usus buntu tentunya sangat mahal, inilah kenapa Anda harus kembali sehat agar tidak perlu melakukan operasi untuk yang kedua kalinya. Salah satu cara untuk kembali sehat bugar adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang dilarang setelah melakukan operasi. Apa saja jenis makannya?

1. Alkohol

Sudah bukan hal aneh lagi jika alkohol tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang sedang sakit, tidak terkecuali untuk Anda yang baru saja melakukan operasi usus buntu. Makanan atau minuman yang mengandung alkohol akan memberikan reaksi yang buruk jika bertemu dengan sisa bius yang ada di dalam tubuh setelah melakukan operasi.

2. Makanan Pedas

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi makanan pedas, sangat dianjurkan untuk istirahat sebentar dari makanan jenis ini. Makanan pedas dapat menyebabkan komplikasi di pencernaan, bahkan Anda akan mengalami diare jika memakan makanan yang pedas dan memerlukan tindakan medis lainnya.

3. Makanan Bertekstur Padat

Setelah melakukan operasi usus buntu, Anda harus mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna karena masih dalam masa pemulihan. Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan padat seperti daging, kacang-kacangan, dan beberapa jenis sayuran padat lainnya.

4. Makanan Tinggi Gula

Pantangan setelah operasi usus buntu yang selanjutnya adalah makanan tinggi gula seperti kue kering, jelly, dan permen. Hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti diare pasca operasi usus buntu. Jadi jika Anda gemar memakan makanan manis, Anda harus menghentikannya sebentar.

Nah itulah informasi mengenai operasi usus buntu. Beberapa makanan yang dipantang di atas harus Anda hindari agar Anda dapat pulih dengan cepat. Bagaimana menurut Anda?

Related posts