by

Menilik Faktor Resiko yang Terjadi dari Penyebaran Virus Corona

-Kesehatan-197 views

Sama seperti penyakit lainnya, virus corona juga mempunyai faktor penyebaran yang dapat membuat virus ini lebih berkembang. Mulai dari siapa saja yang bisa terkena virus ini, menurut gender yang lebih mudah untuk terkena, musim yang dapat mendukung penularan yang lebih cepat, dan juga hal lainnya yang lebih memudahkan untuk virus ini berkembang. Oleh karena itulah bagi Anda yang ingin menghindari agar tidak terkena penularan virus ini juga penting untuk mengetahui mengenai faktor resiko apa saja yang memudahkan dapat terkena infeksi virus covid-19. Dimana beberapa faktor resikonya adalah sebagai berikut ini:

  • Bisa menyerang siapa saja terutama orang yang lemah

Untuk faktor resiko pertama yang dapat membuat Anda untuk lebih mudah terserang virus ini adalah ketika mempunyai kondisi badan yang kurang baik. Dimana virus ini memang bisa untuk menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Oleh karena itulah memang semua orang dari berbagai golongan usia harus waspada karena virus ini bisa menyerang siapa saja. Akan tetapi untuk yang paling rentan adalah bagi mereka yang mempunyai daya tahan tubuh yang kurang. Sehingga untuk orangtua dan bayi misalnya yang mempunyai daya imun lebih rendah maka sebaiknya lebih perlu untuk berhati-hati.

  • Musim yang berpengaruh

Hal selanjutnya yang menjadi faktor resiko penularan virus ini adalah musim yang berpengaruh. Untuk jenis musim yang paling mempengaruhi adalah dengan musim yang membuat udara lebih dingin. Misalnya saja untuk di Amerika Serikat, virus ini akan lebih mudah menginfeksi orang ketika terjadi pada musim gugur ataupun musim dingin. Sehingga misalnya untuk di negara yang mempunyai dua musim maka juga akan lebih banyak yang dapat tertular ketika musim penghujan. Hal tersebut bisa disebabkan ketika musim kemarau maka mempunyai sinar matahari yang cukup untuk memproduksi vitamin D sehingga juga bisa membuat daya tahan menjadi lebih baik.

  • Pernah berkunjung ke daerah atau negara yang terkena virus

Faktor resiko selanjutnya yang dapat menyebabkan faktor resiko terjangkit penyakit ini lebih besar adalah ketika berkunjung ke daerah ataupun negara yang terkena virus. Misalnya saja bagi Anda yang bepergian ke negara-negara yang mempunyai kasus corona maka bisa untuk melakukan isolasi terlebih dahulu. Hal tersebut dapat untuk mengetes juga pada diri Anda apakah terserang virus ini atau tidak ketika berkunjung ke negara tersebut. Selain itu manfaat dari isolasi diri tersebut juga dapat untuk mencegah penyebaran virus ini ke anggota keluarga lainnya.

  • Melakukan kontak dengan penderita

Hal terakhir yang dapat menyebabkan resiko peningkatan terkena virus ini adalah ketika melakukan kontak dengan penderita. Virus ini sangat mudah untuk dapat menular kepada orang lain. Oleh karena itulah Anda diminta untuk melakukan social distancing dan juga tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain yang akan sangat efektif untuk dapat mengurangi penyebaran virus ini.

Berbagai hal di atas merupakan faktor resiko yang dapat menyebabkan peningkatan virus corona dapat menyebar lebih cepat. Sehingga Anda bisa menghindari hal-hal yang dapat dihindari seperti tidak melakukan kontak langsung dengan penderita dan juga tidak berkunjung ke daerah atau negara yang mempunyai kasus penyebaran covid-19. Selain itu cara lainnya untuk melindungi diri agar tidak tertular adalah dengan melakukan langkah pencegahan yang bisa dilakukan dan membekali diri dengan informasi dan perkembangan virus ini yang mudah didapatkan seperti di aplikasi atau website Halodoc.

Comment

News Feed