Mengenal Cryptocurrency dan Jenis-jenis yang Paling Populer

  • Whatsapp

Mata uang crypto investment platform, kini telah menjadi pusat diskusi umum di sebagian besar percakapan terkait keuangan. Mata uang digital perlahan mulai mendapatkan penerimaan di pasar global sebagai mode pembayaran alternatif untuk mata uang fiat.

Bagi yang belum paham, cryptocurrency adalah jenis uang elektronik yang dikelola menggunakan teknologi blockchain. Blockchains adalah jaringan komputer canggih yang dibuat menggunakan matematika dan pengkodean.

Tidak seperti mata uang fiat yang dikeluarkan oleh pemerintah dan diatur oleh otoritas perbankan, mata uang kripto sepenuhnya terdesentralisasi dan tidak dikeluarkan atau diatur oleh pemerintah atau otoritas mana pun.

Mata uang kripto dibagi menjadi koin dan token. Koin beroperasi di blockchain mereka sendiri dan memiliki nilai karena digunakan sebagai uang untuk transaksi. Token, di sisi lain, dibangun di atas blockchain yang ada.

Berikut 5 Jenis Mata uang Kripto dan kepentingannya

1 Bitcoin

 Bitcoin investment platform adalah mata uang kripto tertua dan terpopuler di dunia. Itu dibuat pada tahun 2009. Ini adalah mata uang kripto terdesentralisasi pertama yang memfasilitasi transaksi menggunakan teknologi blockchain sendiri. Pada saat penulisan, Bitcoin dihargai sekitar Rp671.004.914

2 Ethereum

Ethereum adalah jaringan cryptocurrency yang menggunakan teknologi blockchain untuk memfasilitasi kontrak pintar. Ini adalah perangkat lunak terdesentralisasi yang memungkinkan kontrak pintar dibangun di jaringannya dan dijalankan tanpa kendali atau ketakutan akan penipuan oleh pihak ketiga. Eter adalah token yang digunakan untuk mengaktifkan transaksi di jaringan Ethereum. Ethereum saat ini dihargai sekitar Rp44.535.500.

3 Dogecoin

Mata uang kripto ini dibuat menggunakan meme populer yang menampilkan anjing Shiba Inu sebagai ikonnya. Meme itu sangat populer seperti cryptocurrency yang harganya meroket setelah menerima dukungan dari CEO Tesla Elon Musk. Musk berhasil mengguncang pasar kripto yang sudah bergejolak dengan mendukung koin meme. Dogecoin, tidak seperti Bitcoin, tidak memiliki batasan jumlah koin yang dapat ditambang. Saat ini dibanderol dengan harga Rp4.280.

4 Cardano

Cardano diciptakan melalui pendekatan berbasis penelitian oleh tim matematikawan, insinyur, dan kriptografer. Dalam ekosistem cryptocurrency, Cardano mengklaim sebagai koin yang lebih berkelanjutan dan seimbang jika dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya. Saat ini dibanderol dengan harga Rp36.004.

5 Litecoin (LTC)

Itu dibuat pada tahun 2011 oleh Charlie Lee, lulusan dari MIT dan seorang insinyur di Google. Itu adalah salah satu dari beberapa cryptocurrency pertama yang mengikuti teknologi yang sama dengan Bitcoin. Meskipun dimodelkan pada Bitcoin, Litecoin menghasilkan blok pada tingkat yang lebih cepat, dan, karenanya, menawarkan waktu transaksi yang lebih cepat. Saat ini dibanderol dengan harga Rp 2.399.610

Related posts