Kenali Berbagai Sambungan Pipa PVC yang Anda Butuhkan

  • Whatsapp
Sambungan Pipa PVC

Sambungan pipa digunakan untuk dapat mengalirkan air dari satu aliran pipa ke aliran lainnya. Saat ini, salah satu jenis pipa yang banyak digemari oleh masyarakat adalah pipa berbahan poly vinyl chloride, atau yang lebih dikenal dengan nama PVC. Hal ini dikarenakan kualitas pipa mereka memang terbilang sangat bagus.

Tidak hanya memiliki pipa, PVC juga dapat digunakan untuk sambungan pipa. Sambungan ini juga terdiri atas berbagai jenis, mulai dari sambungan lurus, empat arah dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, kami akan memaparkannya satu per satu pada penjelasan di bawah ini.

Socket

Sambungan pipa PVC yang pertama adalah socket. Sambungan yang satu ini memiliki fungsi utama untuk bisa menyambungkan satu pipa dengan pipa lainnya secara lurus. Biasanya, socket hanya digunakan untuk menyambungkan pipa dari jenis serta ukuran pipa yang sama saja.

Socket sendiri dibagi menjadi beberapa, yang pertama adalah socket dengan drat di luat dan socket dengan drat yang di dalam. Selain itu, masih ada pula socket yang memiliki 2 drat sekaligus, yakni drat di luar dan di dalam. Pengaplikasian jenis sambungan bisa dipilih sesuai kebutuhan yang ada.

Elbow

Jenis sambungan pipa yang kedua adalah elbow. Elbow memiliki fungsi yang berbeda dengan socket, karena sambungan yang satu ini memiliki fungsi utama untuk membelokan air. Pada umumnya masyarakat lebih mengenal sambungan yang satu ini dengan istilah sambungan L.

Elbow memiliki drat yang ada di dalam, dan ini berfungsi untuk menyambungkan pipa PVC satu dengan lainnya. Elbow memiliki 3 jenis, yang mana masing-masingnya dibedakan menggunakan tingkatan derajat belokan yang bisa dihasilkan, yakni 90  derajat, 45 derajat, dan elbow datar.

Tee Stuck

Tee Stuck merupakan sambungan pipa PVC yang ke tiga, sambungan yang satu ini mampu membagi air ke ke dua arah. Tee stuck adalah sebutan yang digunakan oleh masyarakat untuk sambungan yang bentuknya menyerupai huruf T. Dengan sambungan ini, maka air yang berasa dari pipa lurus akan bisa dibagi ke kiri dan ke kanan.

Kebanyakan tee stuck yang ditemui memang berbentuk menyerupai huruf T, akan tetapi tidak jarang juga ada tee stuck yang bentuknya menyerupai huruf Y. Intinya fungsi utama dari sambungan ini adalah memungkinkan aliran terbagi menjadi dua.

Cross

Cross adalah sambungan pipa yang dapat digunakan untuk membagi aliran air menjadi tiga arah. Dengan menggunakan sambungan ini, maka aliran yang terbagi akan bisa tetap stabil, baik yang ada di aliran tengah, kanan, maupun kiri. Dengan menggunakan kondisi pembagian ini, maka setiap aliran akan mendapatkan pasokan yang cukup dan sama rata.

Reducer

Anda sangat mungkin untuk bisa menyambungkan dua pipa yang memiliki dia meter berbeda. Cara menyambungkannya adalah dengan menggunakan reducer. Reducer dibagi menjadi beberapa jenis, jenis pertama adalah reducer elbow yang berfungsi untuk membelokan aliran air, sedangkan reducer socket berfungsi untuk menyambung pipa yang bentuknya lurus, dan memperkecil aliran dalam socket.

Selian sambungan-sambungan di atas, masih ada beberapa jenis sambungan lain yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, misalnya, niple untuk mengencangkan pipa, dan adapter untuk menyambung pipa beda ukuran.

Semua sambungan memiliki kelebihannya masing-masing, dan tentunya harus digunakan sesuai kebutuhan. Jadi, sambungan pipa manakah yang Anda butuhkan? Sebaiknya beli produk sambungan dan berbagai jenis pipa air, Anda bisa menemukannya di website resmi Rucika! Harga terjangkau dan kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi.

Related posts