by

Inilah 5 Aktivitas yang Dilakukan Janin Ketika Berada dalam Kandungan

Selalu menarik ketika berbicara mengenai perkembangan janin seorang ibu hamil, bukan saja perubahan secara fisik tetapi juga tentang tumbuh kembang pada janin ketika didalam kandungan. Jika dilihat memang sangat sulit sekali, tetapi hal itu bukan berarti seorang calon ibu tidak bisa melihat perubahan yang ada pada calon anaknya. Ini dimulai ketika kehamilan pertama yaitu trimester pertama sampai dengan trimester tiga lalu persalinan. Tidak banyak yang paham jika didalam kandungan, janin mempunyai aktivitas yang mengasyikkan.

Bagi bunda yang sudah pernah hamil pasti merasakan secara langsung apa saja aktivitas atau pergerakan dari calon buah hati. Nah, berikut ini ada beberapa yang dilakukan janin yaitu:

  • Mendengarkan suara.

Banyak pakar kehamilan yang mengatakan seringnya orang tua yang melakukan interaksi dengan anak sejak dalam kandungan bisa meningkatkan ikatan batin dari keduanya. Jangan salah, orang tua bisa melakukan interaksi dan janin bisa mendengar sejak 24 minggu kehamilan. Bahkan ini merupakan salah satu cara untuk menstimulasi indra pendengaran anak secara baik.

  • Mengecap rasa.

Lalu selain dengan mendengar, pada usia kehamilan 16 minggu bayi sudah bisa merasakan untuk mengecap rasa. Artinya ini bisa dimulai ketika mengecap air ketuban dan menghisap, dari mulai menarik sampai dengan menikmati rasa.

  • Peka dengan cahaya.

Perkembangan janin dalam kandungan memang sangat menakjubkan, dari mulai seperti biji kacang sampai dengan bisa lengkap. Bahkan tumbuh kembang pada janin yang sehat akan bisa membedakan mana yang gelap dan terang, meskipun itu masih didalam kandungan.

  • Merasa sentuhan.

Lalu ada juga aktivitas dimana janin dapat merasakan sentuhan dari para orang tua secara baik, ini bisa dirasakan melalui gerakan atau respon yang mereka berikan.

Nah, itulah beberapa jenis aktivitas yang sering kali membuat orang tua semakin tidak sabar menunggu kelahiran dari calon buah hati. Secara umum memang terlihat biasa tetapi hal itu rupanya menjadi salah satu tanda bahwa perkembangan janin Anda sehat tanpa kekurangan. Perubahan-perubahan itu terjadi ketika memasuki trimester pertama sampai dengan akhir. Jika memang ada masalah dari tumbuh kembang janin bisa langsung konsultasikan kepada dokter ahli. Jangan menunggu kehamilan bermasalah baru konsultasi, lebih baik lakukan dari awal.

Sejak trimester pertama sampai dengan akhir, tentu saja kehamilan perlu untuk selalu dicek. Hal ini tentu saja tidak diketahui baik oleh para ibu baru. Supaya tidak mengalami masalah buruk dalam kehamilan pertama sampai dengan lahiran, lebih baik untuk selalu konsultasikan. Selain menjaga kesehatan dari janin, konsultasi dengan dokter dari awal juga dapat membuat Anda sebagai calon ibu juga paham seperti apa perkembangan setiap tahap. Sekian, semoga dapat memberikan tambahan informasi kepada Anda semuanya.

Comment

News Feed