by

Cara Tepat dan Cepat Tangani Luka Bakar Ringan Hingga Berat

Aktivitas setiap hari banyak yang berpotensi mengalami masalah kecelakaan, baik itu kecelakaan ringan ataupun berat. Satu yang cukup sering terjadi adalah timbulnya luka bakar pada tubuh yang membuat penderita mengalami kesakitan, baik itu ringan atau cukup parah. Seperti memasak, menggunakan sepeda motor, dan masih banyak kegiatan berpotensi menjadi luka bakar. Makanya itu sangat penting sekali memahami seperti apa cara tepat menangani masalah kecelakaan tersebut agar tepat. Karena jika salah bukan hanya anggota tubuh yang bermasalah sementara tetapi juga dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Sebelum membahas seperti apa cara melakukan penanganan pada luka bakar, Anda perlu paham terlebih dahulu ada beberapa derajat luka bakar yang dibagi dalam 3 golongan sebagai berikut:

  • Derajat satu.

Ini merupakan luka bakar yang cukup ringan dari pada yang lainnya, umumnya terjadi hanya pada bagian lapisan kulit terluar saja. Umumnya diakibatkan oleh sinar matahari sehingga membuat kulit membengkak, kemerahan, nyeri dan lain sebagainya.

  • Derajat dua.

Lebih parah dari pada sebelumnya dan dikategorikan dalam derajat dua atau pada bagian kulit epidermis dan bagian seluruh dermis. Umumnya masalah ini dapat mengakibatkan rasa nyeri hebat akibat saraf yang terkena. Luka sendiri bisa berwarna merah ataupun putih, tampak basah atau lembab dan bengkak. Secara umum dalam penanganan tetap ini dapat meninggalkan luka.

  • Derajat tiga.

Paling parah dari sebelum-sebelumnya, karena luka sampai dengan melewati bagian luar epidermis sampai dengan bagian dalam dermis. Bahkan luka bisa juga sampai pada jaringan lemak bawah kulit. Karena cukup parah, luka pada jenis ini sering membuat tidak berada nyeri lagi akibat saraf yang sudah mengalami kerusakan.

Melihat beberapa masalah luka bakar seperti diatas, tentu saja Anda dalam berkegiatan yang dapat berpotensi besar harus lebih berhati-hati. Meskipun saat ini sudah ada banyak sekali dokter ahli yang dapat menangani luka tersebut. Apalagi RS Pusat Pertamina (RSPP) yang menjadi salah satu rumah sakit favorit di daerah Jakarta dengan pelayanan unggulan luka bakar. Rumah sakit tersebut telah menyediakan paramedis terbaik dan juga bidang spesialis tertentu. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada rumah sakit tersebut seperti:

  1. Bedah plastik.
  2. Rehabilitasi medik.
  3. Konsultasi bagi kejiwaan yang mengalami trauma.

RS Pusat Pertamina (RSPP) sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jakarta, apalagi itu merupakan salah satu rumah sakit tua dengan kualitas kelas A. Selain mempunyai layanan unggulan instalasi luka bakar, rumah sakit tersebut juga mempunyai produk unggulan lainnya seperti:

  • Kedokteran nuklir.

Adanya Gamma Camera yang bisa digunakan untuk mengetahui bukan hanya bentuk dari organ tetapi juga presentasi dari fungsi organ itu sendiri.

  • Stroke unit.

Penanganan secara tuntas dan terbaik untuk kasus stroke juga bisa diatasi dari pihak rumah sakit tersebut.

  • Kelengkapan alat radiologi .

CT Scan Multislice, MRI 1,5 melengkapi modalitas penegakan diagnosa.

  • MRI 3.0 Tesla.

Ada juga layanan terbaru serta canggih dari rumah sakit yang dapat memberikan gambaran secara lebih jelas.

Luka bakar ringan memang cukup umum dalam penanganannya, tetapi jika sudah berat tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Supaya tidak salah dalam penanganannya, Anda bisa langsung konsultasikan pada dokter ahli. Seperti yang ada pada RS Pusat Pertamina (RSPP) dengan layanan unggulan luka bakar dalam penanganan secara tuntas. Ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik ketika Anda mengalami masalah pada luka akibat terbakar. Sekian, semoga dapat menjadi salah satu referensi.

Comment

News Feed