by

Cara Memperbaiki Pipa Bocor tanpa Ganti Baru

Permasalahan yang sering ditemui pada instalasi pipa air rumahan adalah terjadinya kebocoran pipa yang menyebabkan air terbuang sia sia. Hal sepele seperti ini akan membuat tunggakan air bisa lebih mahal dari biasanya.

Biasanya pemilik rumah tidak mau pusing cukup dengan memanggil tukang pipa, namun ada cara mudah yang dimana anda bisa lakukan sendiri di rumah Ketika ada pipa air yang mengalami kebocoran.

Bahan dan alat yang diperlukan pun mudah ditemukan. Dan caranya juga tidak sulit bahkan terbilang sangat mudah. Sebelum ke panduannya berikut alat dan bahan yang dibutuhkan.

Bahan dan alatnya dapat ditemukan dimana saja.

  • Pipa Bekas
  • Gergaji
  • Lem Pipa
  • Lap atau Tisu
  • Korek Api

Langsung saja masuk ke panduannya :

  1. Pertama, gergaji dan belah pipa bekas menjadi 2 bagian. Untuk ukuran pipa bekas gunakan sesuai dengan ukuran pipa yang sedang bocor. Cara pemotongannya seperti ini.
  2. Kemudian matikan saluran utama air, sehingga tidak ada air yang mengalir disaluran untuk memudahkan proses perbaikan.
  3. Apabila aliran sudah berhenti bersihkan area luar pipa yang bocor tadi, seperti misalnya pipa berada di dalam tanah yang membuatnya kotor. Bersihakan dengan lap atau tisu sehingga benar benar bersih.
  4. Setelah itu ambil pipa bekas tadi kemudian pastikan bagian dalam bersih dari kotoran atau lem.
  5. Lunakkan bagian pipa bekas tersebut dengan cara dipanasi dengan korek api, kegunaanya adalah agar bagian pipa tersebut bisa pas dan menyesuaikan dengan pipa yang bocor tersebut.
  6. Olesi bagian dalam pipa bekas tadi dengan menggunakan lem, pastikan lem yang digunakan adalah lem pipa bisa merk apapun yang penting dapat merekat dengan baik dan semurna.
  7. Tempelkan pipa yang diberi lem ke bagian pipa yang bocor tersebut.
  8. Tekan sedikit agar lem merekat dengan sempurna.
  9. Tambahkan lem pada sekitar area tempelan untuk memastikan tidak ada ruang untuk aliran lewat.
  10. Tunggu hingga 1-2 jam hingga lem benar benar kering dan hidupkan Kembali saluran air utama.
  11. Selesai.

Comment

News Feed