by

Bagaimana Software Accounting Bantu kelola Stok Barang?

-Bisnis-31 views

Software accounting sejatinya tidak hanya berfungsi sebagai pengatur dan pengelolaan keuangan bisnis, namun juga hal-hal yang berkaitan dengan penjualan salah satunya adalah manajemen stok barang.

Dengan software accounting Anda bisa mengatur dan memonitor stok mana yang akan dikeluarkan dan akan habis pada periode tertentu.

Sebagai fungsi manajemen tata kelola stok barang, software akuntansi sangat berguna bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ritel, grosir, atau jenis perusahaan lainnya dimana turnover stok barangnya sangat cepat.

Lalu bagaimana software akuntansi bisa membantu Anda dalam mengelola stok barang?

Proses Stok Opname Lebih Akurat dan Cepat

Stok opname merupakan proses penting dalam mengelola arus keluar masuk barang. Kegiatan stok opname juga membutuhkan ketelitian karena Anda harus menyesuaikan barang yang keluar, masuk, dan tersisa di dalam gudang dengan jurnal umum bisnis Anda.

Dengan bantuan aplikasi akuntansi, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan jumlah stok barang yang tercatat pada jurnal umum dengan nilai stok barang fisik yang sebenarnya dengan akurat.

Anda juga bisa mencetak kartu stok opname yang bisa Anda buat sesuai kebutuhan bisnis misalnya stok opname mingguan, bulanan, kuartal, 6 bulan, atau setahun.

Membuat Stock Keeping Unit (SKU) dengan Mudah

Selain melakukan stok opname, Anda bisa mengatur produk yang akan dijual dengan membuat stock keeping unit atau SKU menggunakan software akuntansi.

Anda bisa menambahkan gambar, nama produk, deskripsi, kode produk, jumlah produk, dan juga kategori produk. Selain itu, sistem pada software akuntansi biasanya akan menolak produk yang memiliki nama dan kode yang sama untuk menghindari overlap pada SKU.

Hal ini tentu membantu Anda membentuk SKU yang berbeda dan memudahkan Anda memonitor stok barang yang akan dijual.

Fitur ini juga memudahkan Anda apabila penjualan pada bisnis mengalami kelesuan terutama akibat krisis pandemi. Anda bisa menyederhanakan SKU atau mengurangi produk yang akan dijual.

Monitor Stok Barang Secara Real-Time

Anda juga bisa memantau arus stok barang baik yang keluar, tersimpan, dan masuk secara real-time dengan software accounting.

 Anda juga dapat mengimpor data persediaan dalam jumlah besar secara cepat. Hal ini memudahkan Anda apabila terjadi permintaan produk dalam jumlah besar dalam satu periode tertentu.

Dengan software akuntansi, Anda juga bisa mengatur batas stok minimum untuk menentukan kapan stok barang yang Anda miliki habis terjual.

Dengan demikian, Anda tidak perlu kesulitan memeriksa persediaan barang dan memudahkan Anda untuk membuat perencanaan stok barang di periode berikutnya secara cepat.

Notifikasi Stok Barang

Salah satu fitur software akuntansi manajemen stok barang, Anda bisa mendapatkan notifikasi terkait stok barang yang akan segera habis dalam waktu dekat.

Fitur ini penting apabila Anda bergerak di bidang food and beverages dimana penambahan stok harus dilakukan secara cepat agar tidak ada kekosongan stok pada waktu tertentu. 

Mengatur Stok Barang dari Berbagai Gudang dengan Satu Akun

Karena software akuntansi bersifat online dan data disimpan dalam penyimpanan cloud, Anda bisa mengakses data bahkan dari berbagai gudang sekalipun dalam satu akun.

Anda bisa memonitor jumlah stok barang yang keluar, masuk, dan sisa stok yang tersimpan di dalam lebih dari dua gudang penyimpanan bahkan di lokasi yang berbeda.

Hal ini tentu memudahkan Anda bila memiliki bisnis grosir atau retail yang memiliki gudang penyimpanan stok lebih dari satu bahkan di lokasi yang berbeda.

Perhitungan dan Ringkasan Stok Barang secara Otomatis

Dengan software akuntansi, Anda bisa melakukan perhitungan dan ringkasan laporan stok barang secara otomatis menggunakan dua metode perhitungan yaitu FIFO (first in first out) dan juga metode average.

Fleksibilitas perhitungan seperti ini tentu memberikan kemudahan bagi Anda ketika terjadi penumpukan barang-barang lama dan ingin menghabiskan stok barang yang tersedia. 

Dengan ringkasan dan perhitungan seperti ini juga, Anda bisa mengetahui produk apa yang paling laris di pasaran sehingga Anda bisa memaksimalkan penjualan produk tertentu yang paling laku.

Jurnal, Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Salah satu software akuntansi yang memiliki fitur tata kelola stok barang adalah Jurnal. Software akuntansi Jurnal merupakan software berbasis cloud yang memudahkan Anda kelola keuangan bisnis dengan aksesibilitas yang tinggi.

Anda bisa mengatur dan memantau keuangan bisnis Anda di mana dan kapan pun. Dengan software accounting Jurnal, Anda bisa melakukan otomasi pembuatan laporan keuangan, pemantauan utang-piutang, pembuatan invoice, hingga rekonsiliasi bank.

Sebagai aplikasi keuangan bisnis, Jurnal juga berguna sebagai overview tools bisnis Anda berdasarkan data keuangan.

Dapatkan akses free trial Jurnal selama 14 hari dan konsultasikan bisnis Anda kepada Jurnal. Baca juga informasi Manfaat Jual Followers Instagram yang Harus Anda Ketahui.

Comment

News Feed