by

Apa Saja Gejala Batu Ginjal ?

-Kesehatan-350 views

Ketika ginjal menyaring limbah dari darah, mereka membuat urin. Kadang-kadang, garam dan mineral lain dalam urin bersatu membentuk batu ginjal kecil. Hal ini berkisar dari ukuran kristal gula hingga bola pingpong, tetapi jarang terlihat kecuali menyebabkan penyumbatan. Mereka dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat jika mereka lepas dan mendorong ke ureter, saluran sempit yang mengarah ke kandung kemih. Keadaan ini bisa menunjukkan gejala batu ginjal yang sedang Anda alami.

Batu ginjal (lithiasis ginjal, nephrolithiasis) adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal Anda. Batu ginjal memiliki banyak penyebab dan dapat mempengaruhi bagian mana pun dari saluran kemih Anda, dari ginjal hingga kandung kemih Anda. Seringkali, batu terbentuk ketika urin menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel.

Melewati batu ginjal bisa sangat menyakitkan, tetapi batu-batu itu biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen jika diobati tepat waktu. Tergantung pada situasi Anda, Anda mungkin perlu tidak lebih dari mengambil rasa sakit dan minum banyak air untuk melewati batu ginjal. Dalam kasus lain misalnya, jika batu menjadi bersarang di saluran kemih, dikaitkan dengan infeksi kemih atau menyebabkan komplikasi dan pembedahan mungkin diperlukan.

Dokter dapat merekomendasikan perawatan pencegahan untuk mengurangi risiko batu ginjal berulang jika Anda berisiko lebih tinggi untuk mengalaminya lagi.

Gejala

Gejala batu ginjal mungkin tidak menimbulkan sampai bergerak di dalam ginjal Anda atau masuk ke ureter, tabung yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Pada saat itu, Anda mungkin mengalami tanda dan gejala ini :

  1. Nyeri hebat di samping dan belakang, di bawah tulang rusuk
  2. Nyeri yang menjalar ke perut bagian bawah dan selangkangan
  3. Rasa sakit yang datang dalam gelombang dan berfluktuasi dalam intensitas
  4. Nyeri saat buang air kecil
  5. Urin berwarna merah muda, merah atau coklat
  6. Urin berawan atau berbau busuk
  7. Mual dan muntah
  8. Kebutuhan terus-menerus untuk buang air kecil
  9. Buang air kecil lebih sering dari biasanya
  10. Demam dan kedinginan jika ada infeksi
  11. Kencing dalam jumlah sedikit

Rasa sakit yang disebabkan oleh batu ginjal dapat berubah misalnya, bergeser ke lokasi yang berbeda atau meningkatkan intensitas ketika batu bergerak melalui saluran kemih Anda.

Kapan harus ke dokter?

Buat janji dengan dokter jika Anda memiliki tanda dan gejala yang mengkhawatirkan. Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami :

– Rasa sakitnya sangat parah sehingga Anda tidak bisa duduk diam atau menemukan posisi yang nyaman

– Nyeri disertai mual dan muntah

– Nyeri disertai demam dan kedinginan

– Darah dalam urin Anda

– Kesulitan buang air kecil

– Batu ginjal biasanya tidak bergejala sampai bergerak ke ureter. Ketika gejala batu ginjal menjadi jelas, mereka biasanya meliputi :

– sakit parah di pangkal paha dan / atau samping

– darah dalam urin

– muntah dan mual

– sel darah putih atau nanah dalam urin

– berkurangnya jumlah urin yang dikeluarkan

– sensasi terbakar saat buang air kecil

– keinginan kuat untuk buang air kecil

– demam dan kedinginan jika ada infeksi

Komplikasi

Batu ginjal yang tertinggal di dalam tubuh juga dapat menyebabkan banyak komplikasi, termasuk penyumbatan tabung yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih, yang menghalangi jalur yang digunakan urin untuk meninggalkan tubuh.

Itulah sedikit informasi mengenai batu ginjal dan bagaimana gejala batu ginjal yang muncul. Mengetahui bagaimana gejala yang ditimbulkan bisa membantu Anda mengenalinya sehingga Anda bisa mengambil tindakan lebih lanjut jika gejala tersebut dialami atau diderita oleh Anda.

Comment

News Feed