by

Apa Itu Cash Advance dan Kelebihannya?

Salah satu hal yang harus dapat dilakukan pada saat mempunyai kartu kredit merupakan dengan melakukan tarik tunai atau cash advance. Cara ini bisa dilakukan bagi mereka yang membutuhkan uang tunai dalam keadaan darurat.

Transaksi adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang tunai dengan menggunakan kartu kredit. Ketika seorang dari pemilik kartu bisa menggunakan kartunya via mesin ATM dan menarik beberapa uang di mesin ATM. Setiap tahapnya dari kartu kredit dapat digunakan kartunya via mesin ATM dan menarik sejumlah uang dengan kartu debit, yang dapat pemilik kartu tinggal memasukkan kartu ke mesin ATM dan masukkan PIN atau Pass kartu kreditnya. Dan selanjutnya, si pemilik kartu dapat memilih nominal dana yang akan di tarik dari kartu debitnya.

Kamu bisa mengetahui bahwa sebenarnya cash advance adalah pinjaman uang tunai jangka pendek yang ditawarkan oleh kartu kredit. Jadi jika kartu kredit kamu adalah terbitan bank, maka kamu sebenarnya sama saja menerima pinjaman dari bank tersebut.

Apa Itu Cash Advance?

Berapa besar uang tunai yang bisa didapatkan dari cash advance adalah bergantung pada besar limit kartu kredit kamu. Bahkan tidak bisa sebesar maksimal limit kamu.

Dari beberapa bank hanya memungkinkan mengambil uang tunai dari kartu kredit sebesar 30 persen. Jadi kamu memang tidak bisa mengambil terlalu banyak uang tunai dari fitur ini. Harus diperhatikan juga bahwa cash advance mempunyai bunga yang lebih tinggi dari pinjaman biasa melalui bank.

Banyak juga biaya yang dibebankan pada penarikan uang tunai ini. Jadi walaupun memang prosesnya mudah dan cepat, kamu harus mempertimbangkan baik-baik jika ingin melakukan penarikan uang tunai dengan cash advance.

Akan tetapi dengan menggunakan kartu kredit, cash advance menggunakan uang tunai hasil penarikan dari kartu kredit yang sebenarnya bukan uang milik kamu. Jadi kamu harus melakukan pembayaran layaknya pembelian menggunakan kartu kredit. Bedanya yang kamu beli dari fitur cash advance adalah uang tunai, bukan barang ataupun jasa.

Kelebihan dan Kekurangan Cash Advance

Sebagai bahan pertimbangan untuk kamu, cobalah dipelajari apa kelebihan dan kekurangan dari cash advance ini. Jadi perhatikan kapan sebaiknya kamu menggunakan penarikan uang tunai dari cash advance dan kapan kamu tidak boleh menggunakannya. Berikut penjelasannya untuk membantu kamu.

Kelebihan Cash Advance

Penjelasan di atas sudah menggambarkan bahwa cash advance memungkinkan kamu menarik uang tunai dengan cepat dan mudah, layaknya uang di kartu debit. Jadi uang tunai ini sangat bermanfaat di kondisi emergency, saat kamu memerlukan uang tunai dan tidak ada layanan untuk pembayaran menggunakan kartu.

Biasanya besar uang yang harus kamu tarik tidak terlalu banyak. Jadi kamu bisa membayarnya dalam jangka waktu singkat juga. Jadi kondisi darurat bisa kamu lewati dengan mudah. Misalnya gunakan cash advance, saat kamu akan membeli atau membayar sesuatu yang tidak menyediakan pilihan pembayaran dengan kartu.

Kekurangan Cash Advance

Cash advance dengan biaya yang sangat besar ini sangat memberatkan untuk kamu. Pembayarannya pun membutuhkan waktu singkat, jadi kamu harus mengetahui apakah kamu mampu membayar sejumlah uang tunai itu dengan tambahan biayanya.

Jadi jangan pernah mengambil uang tunai dari kartu kredit untuk menutup tagihan kartu kredit juga. Hal ini hanya akan membuat bunga semakin besar dan kamu tidak bisa menanggulanginya lagi.

Comment

News Feed