by

Alternatif Pengobatan Mual, Muntah, dan Hidung Tersumbat pada Anak

Jika anak muntah acapkali tanda terkena infeksi. Muntah pada anak yang terkena infeksi akan berhenti selama kurun waktu 6 hingga 24 jam. Jika frekuensi muntah terlalu sering, maka Anda harus memikirkan tindakan selanjutnya. Bahwa anak mempunyai risiko yang lebih besar mengalami dehidrasi sesudah muntah. Infeksi virus menjadi penyebab utama daripada mikroorganisme lainnya. Penanganan awal sebelum memberikan obat mual muntah yang aman buat anak, seperti Norvom Sirup, Anda harus mengistirahatkan anak hingga dia merasa lebih nyaman.

Jika kondisi anak mulai membaik, berikan makanan dengan kandungan kalori yang cukup serta mudah dicerna, misalnya jus buah (jangan jus anggur dan jeruk karena terlalu asam), madu, dan lain sebagainya. Berikan minuman tersebut secara bertahap, 12 hingga 20 menit. Jika anak muntah kembali, berikan minuman dalam jumlah yang lebih sedikit. Sesudah 6 jam dan tidak muntah lagi, anak seusia balita bisa makan sereal dan buah, sedangkan anak yang usianya lebih besar bisa makan kentang, roti, maupun nasi. Dan, sebaiknya hindarkan anak dari kegiatan sesudah makan dan biarkan dia istirahat.

Selanjutnya, jika anak bermasalah dengan hidung tersumbat, Anda bisa memberikan obat hidung tersumbat yang aman untuk anak, seperti Nasonex 0.05% ataupun Aqua Maris Strong. Kedua produk tersebut digunakan untuk membersihkan hidung. Atau, Anda bisa menggunakan cara sederhana, yang kami tuliskan di bawah ini.

  • Gunakanlah Minyak Kayu Putih atau Balsem dengan Kandungan Menthol

Cara sederhana ini cukup ampuh dalam meredakan hidung tersumbat pada anak. Anda hanya perlu mengoleskan minyak/balsem ke area lubang hidung. Biasanya, sesudah mencium aroma minyak/balsem, hidung yang tersumbat akan hilang perlahan-lahan.

  • Menghirup Zat Aromatik

Zat aromatik bisa Anda peroleh dari alat steam vaporizer yang bisa meringankan hidung tersumbat pada anak. Pasalnya, zat aromatik ini menghasilkan aroma alami yang membuat hidung tersumbat akan mereda.

  • Mandi Air Hangat

Anda bisa mengurangi gejala hidung tersumbat pada anak dengan memandikannya. Silakan membasahi tubuh anak dari kepala hingga tubuh selama 10-15 menit. Uap panas yang dihasilkan dari air hangat bakal melewati rongga hidung dan paru-paru yang bisa mengurangi lendir yang ada di rongga hidung.

Comment

News Feed