by

5 Alasan Hard Disk Seagate Banyak Digunakan Para Konsumen

-Teknologi-234 views

Berikut adalah 5 alasan kenapa harddisk external Seagate banyak diburu oleh para konsumen sebagai berikut:

  1. Harga ekonomis

Poin pertama ini merupakan ciri khas yang paling mencolok sekaligus daya tarik utama dari Seagate. Jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti merek Western Digital dan Samsung, Seagate juga hadir dengan harga lebih terjangkau dan memiliki kualitas yang sangat luar biasa dan mampu bersaing dengan merek lain.

Untuk harga hard disk portabel berkapasitas 1 terabyte di toko online seperti Bukalapak, kisaran harganya masih di bawah Rp800.000 dan dilengkapi dengan garansi resmi 3 tahun. Kamu bisa membandingkannya dengan brand lain yang memiliki kapasitas penyimpanan sama.

  1. Ringan dan mudah dibawa ke mana saja

Kemudahan pemakaian juga menjadi hal penting yang banyak dipertimbangkan konsumen. Konsumen sangat menginginkan hard disk portabel yang mudah untuk dibawa kemana-mana tanpa menghabiskan banyak ruang di tas. Bahkan muat bila langsung dimasukkan ke kantong celana bila perlu.

Dengan ukuran ketebalan body yang tipis, Seagate sangat nyaman untuk disandingkan dengan orang yang memiliki mobilitas tinggi. Material pembuatannya juga memanfaatkan bahan plastik khusus yang ringan, namun tetap tahan terhadap benturan.

  1. Fitur integrasi dengan smartphone

Dengan fitur perangkat mobile support, Seagate juga dapat langsung Anda hubungkan dengan smartphone baik itu yang sudah Android maupun iOS. Aplikasi pendukung dari Seagate saat ini sudah tersedia secara gratis di aplikasi Playstore dan Appstore. Fitur menarik ini memudahkan pengguna untuk dapat mengakses data hard disk dengan cepat dan mudah langsung dari smartphone. Misalnya dengan menggunakan Seagate Media App.

Bagi para desainer seperti videografer maupun fotografer, akan sangat dimudahkan dengan fitur tambahan ini. Terutama pada jenis kamera pocket maupun profesional seperti mirrorless telah dilengkapi dengan OS Android. Kamu dapat juga mengakses hard disk langsung melalui kamera pintar tersebut.

  1. Terdapat varian khusus buat para gamer

Khusus buat Anda yang gemar dan sering dalam bermain game di console, Seagate sejak tahun 2015 lalu telah meluncurkan seri khusus untuk penyimpanan game di Xbox. Hal ini merupakan inovasi dan bentuk dukungan untuk para gamers console yang seringkali mengalami kesulitan ketika hendak mengganti ataupun menambah jumlah game di hard disk internal console.

Dengan hadirnya hard disk eksternal sebagai pendukung, bagi pengguna Xbox agar dapat memainkan game yang disukainya tanpa harus bergantung pada hard disk internal yang sudah ada.

Inovasi Seagate di dunia game bisa dibilang brilian karena pasar juga dipenuhi oleh para gamers yang juga bermain video game di console.

  1. Terdapat dua varian utama yaitu Seagate Expansion dan Seagate Back Up Plus

Seagate sendiri mengeluarkan dua varian yang berbeda bukan tanpa alasan. Selain alasan marketing, tentu saja ada alasan lain yang melatarbelakanginya.

Sama seperti fitur yang ditawarkan Western Digital pada My Passport Ultra, fitur back up berbasis cloud adalah daya tarik tersendiri bagi konsumen hard disk terutama yang memprioritaskan keamanan data.

Dibandingkan dengan harga Seagate Expansion, harga Seagate Back up Plus lebih tinggi. Buat Anda para gamers, selain harus menggunakan varian Seagate yang khusus buat main game saja, ternyata Seagate seri Expansion juga cukup mumpuni saat digunakan untuk menyimpan dan menjalankan game. Terutama untuk keperluan bermain video game di PC.

Firecuda merupakan salah satu lini hybrid dari dari seri andalan Seagate yang saat –saat ini kurang sukses di pasaran. Dengan varian baru ini, apakah Seagate akan mampu menebus kesalahannya di masa lalu?

Media penyimpanan terbaru dari merek Seagate yang menggunakan perangkat teknologi SSHD saat ini. Apa itu? secara gampang bisa dibilang, SSHD merupakan HDD dengan kinerja seperti SSD. Jadi ini merupakan teknologi yang sebenarnya cukup membantu mengatasi gap antara performa dan harga. Seperti yang kita tahu, saat ini harga dari SSD naik 4 kali lipat dibandingkan dengan harga dari HDD.

Versi FireCuda memiliki kapasitas hingga 2TB dan memiliki ukuran sekitar 3,5 inci saja. Bentuk yang paling banyak digunakan oleh hard drive mekanis. Kita bisa menghubungkannya melalui antarmuka SATA 6Gb / s standar, kita tidak memerlukan koneksi M.2 atau PCIe yang mewah untuk mengoptimalkannya. Jadi hardisk ini bisa digunakan pada banyak mainboard yang beredar saat ini.

Seagate FireCuda berkapasitas 2 terrabyte dan memiliki 7200 rpm ini dijual dengan harga 1.7 – 1.9 juta rupiah. Sebagai perbandingan saja, harga dari SSD dengan kapasitas penyimpanan yang sama bisa dibanderol dengan harga 6 jutaan. Inilah yang membuat harddisk ini cukup menarik jika dilihat dari harga.

Cara bekerja SSHD pada hardisk ini adalah hardisk mempelajari aplikasi-aplikasi apa yang sering digunakan dan menyimpannya pada cache yang sudah disediakan sebesar 8GB. Ketika aplikasi yang ada tersebut mendapatkan asupan data baru, maka hardisk ini baru akan mengakses sistem mekaniknya yang memiliki kapasitas 2Tb tadi.

Seagate menyebut perangkat teknologi ini dengan sebutan“OptiCache” dan ini juga bisa meningkatkan kecepatan akses hingga mencapai 45% dari kecepatan standar jika kita menggunakan HDD. Semakin sering kita menggunakan aplikasi tersebut, maka semakin cepat pula kita bisa mengaksesnya. Cara kerja perangkat ini  mirip dengan cache pada sebuah web.

Keunggulan sistem ini adalah, kita akan bisa mendapatan kecepatan akses maksimal saat menjalankan satu atau dua aplikasi saja, namun jika kita sering menggunakan banyak aplikasi sekaligus, kapasitas cache 8GB tentu tidak bisa mengatasinya.

Teknologi SSHD tidak bisa 100% mengungguli kecepatan SSD. Menurut saya, hardisk ini cocok buat kalian yang hanya fokus bekerja dengan beberapa aplikasi saja.

Saya juga merekomendasikan hardisk ini untuk para gamers yang memiliki budget terbatas. Bukan hanya untuk di PC, hardisk ini cukup baik sebagai tandem console PlayStation. Kalian bisa bermain game-game berat sekalipun dengan lancar. Selain gamers, kalian yang hobo editing video juga akan terpuaskan dengan kinerja dari hardisk ini.

Comment

News Feed