10 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menerapkan 3R!

  • Whatsapp
Menerapkan 3R

Setiap barang yang kita gunakan atau produk, dan setiap produk yang kita konsumsi, menimbulkan kerugian bagi planet kita. Sumber daya alam dan energi dalam jumlah besar dikonsumsi selama produksi, dan limbah yang terkait dengan konsumsi kita entah bagaimana harus diserap. “Reduce, reuse, dan recycle” – disebut sebagai 3R – adalah strategi sederhana yang masing-masing dari kita dapat terapkan untuk membatasi sejauh mana dampak kita terhadap planet kita.

  • Lestarikan Sumber Daya Alam

Toples kaca dapat digunakan kembali untuk berbagai keperluan penyimpanan.

Sumber daya alam planet ini terbatas. Dengan menerapkan tiga R, adalah mungkin untuk secara dramatis mengurangi tekanan yang kita berikan pada sumber daya ini. Misalnya, menurut Badan Perlindungan Lingkungan A.S., mendaur ulang 1 ton kertas menghemat setara dengan 17 pohon dan 7.000 galon air.

  • Lestarikan Ruang Alam

Penambangan mineral merusak ruang alam.

Penambangan sumber daya alam dan pertanian skala besar seringkali merugikan wilayah alam tempat mereka berada. Mengurangi permintaan akan sumber daya ini dapat membantu melestarikan ruang alam.

  • Reduce dan Reuse” Menghemat Energi

Penambangan dan pemurnian mineral dan sumber daya alam lainnya serta pembuatan barang konsumsi adalah proses yang membutuhkan banyak energi.

Contoh: Menurut Departemen Sumber Daya Alam Ohio, 20 kali lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk membuat aluminium dari bijih bauksit daripada dari bahan daur ulang. Jadi, ketika Anda menggunakan kembali barang-barang rumah tangga daripada membeli yang baru, Anda membatasi jumlah sumber daya baru yang dibutuhkan dan menghemat banyak energi.

  • Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Sebagian besar energi yang dikonsumsi selama proses penambangan, pemurnian, dan pembuatan berasal dari pembakaran bahan bakar fosil. Mendaur ulang setengah dari limbah rumah tangga tahunan yang dapat didaur ulang dapat menghemat 2.400 pon karbon dioksida yang dilepaskan ke atmosfer. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca penting yang terkait dengan masalah pemanasan global.

  • Mengurangi polusi

Limbah dalam jumlah besar yang terkait dengan konsumsi kita pasti menyebabkan polusi udara, tanah, dan air kita. Misalnya, oli motor bekas yang dibuang secara tidak benar dapat mencemari tanah dan air bersih.

EPA memperkirakan bahwa 200 juta galon oli motor bekas dibuang secara tidak benar setiap tahun. Menggunakan kembali barang-barang di sekitar rumah, dan membuangnya dengan benar setelah tidak dapat digunakan lagi, dapat berdampak besar pada tingkat polusi.

  • Kurangi Ruang TPA

Banyak dari apa yang berakhir di tempat pembuangan sampah dapat digunakan kembali atau didaur ulang.

Banyak dari barang-barang yang kita buang berakhir di tempat pembuangan sampah, di mana barang-barang itu menghabiskan ruang yang berharga dan menjadi sumber polusi udara dan air. Seringkali barang-barang ini tidak dapat terurai secara hayati dan membutuhkan waktu berabad-abad untuk terurai.

Plastik, misalnya, membutuhkan waktu hingga 500 tahun untuk terurai. EPA memperkirakan rata-rata orang Amerika menghasilkan 4,3 pon sampah tidak berbahaya per hari. Sumber lain menyebutkan jumlah sampah yang bisa didaur ulang mencapai 60 persen.

  • Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Industri yang dikembangkan untuk mendaur ulang barang dapat menjadi sumber pekerjaan yang berharga. Di Ohio, sejauh tahun 2000 hampir 100.000 pekerjaan diciptakan sebagai akibat langsung dari daur ulang pada tahun 2000. Daur ulang menciptakan pekerjaan lima kali lebih banyak daripada pengelolaan TPA, menurut Brennan.

  • Membuat Teknologi Lebih Maju

Dengan meningkatnya tekanan sosial untuk menerapkan praktik yang lebih ramah lingkungan, perusahaan terpaksa menemukan teknologi inovatif untuk memasukkan bahan daur ulang ke dalam produk mereka. Teknologi baru ini pada akhirnya bagus untuk planet ini.

  • Hemat

Membeli hanya apa yang benar-benar Anda butuhkan, dan menggunakan kembali barang-barang di sekitar rumah daripada membeli yang baru, menghemat uang. Di banyak bagian AS, membuang limbah lebih mahal daripada mendaur ulangnya. Dalam beberapa kasus, bahkan mungkin untuk mendapatkan sedikit uang dari limbah Anda.

  • Ciptakan Masa Depan yang Berkelanjutan

Planet kita memiliki sumber daya alam yang terbatas dan kapasitas yang terbatas untuk memproses limbah. Dengan mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang, kami tidak hanya mengurangi dampak langsung terhadap planet ini, tetapi juga menciptakan praktik yang berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Bicara tentang 3R, AQUA yang merupakan merek warisan indonesia, selalu berupaya untuk membawa kebaikan bagi masyarakat dengan berinovasi dalam mempromosikan hidrasi sehat dan juga melestarikan alam kita serta melayani masyarakat melalui perlindungan sumber daya air, meminimalisir karbon emisi dan memelopori daur ulang kemasan.

Lewat upaya ini, AQUA meluncurkan komitmen #BijakBerplastik sebagai langkah untuk mengajak kamu semua lebih peduli terhadap lingkungan, salah satunya adalah dengan berencana untuk membuat seluruh kemasan kami 100% dapat didaur ulang, digunakan kembali, dan dapat terurai pada 2025 dan juga meningkatkan proporsi plastik daur ulang dalam botol kami dari 25% mengandung materi recycled menjadi 50% pada 2025.

Jadi, yuk terapkan 3R dalam kehidupan kita, dan juga ajak orang-orang di sekitarmu untuk menerapkannya, agar bumi kita punya masa depan yang lebih baik!

Related posts